Kesehatan Dalam Olahraga Sepak Bola

Sepak bola merupakan sebuah kegiatan olahraga yang paling populer dan sering menjadikan perhatian banyak kalangan. Tidak sekedar menarik dalam menyaksikan permainan di olahraga itu saja, melainkan banyak orang yang lebih memilih untuk melibatkan dirinya.

Olahraga ini, awalnya memang sudah lama dikenal di China pada abad ke 2 sampai ke 3 sebelum masehi. Dan di negeri matahari terbit, Jepang permainan yang sama dengan nama Kemari. sementara di Italia permainan ini disebut dengan menendang bola di abad ke 16.

Akan tetapi, olahraga sepak bola pun berkembang dengan pesat di Inggris. Lalu mereka pun menetapkan peraturan dasar yang berlaku hingga kini di permainan ini. Di tahun 1880 an virus sepak bola pun mulai tersebar luas di berbagai negara di dunia.

Pada akhirnya, organisasi sepak bola dunia pun telah didirikan di tahun 1904 yang diberikan nama FIFA. Tidak lama kemudian, berbagai kompetisi sepak bola pun mulai dipertandingkan dan berlaku di tiap negara. Yang sudah dikenal hingga kini adalah Piala Dunia yang begitu meyita perhatian di tiap warga di dunia.

Ternyata dalam berolahraga sepak bola, faktanya tidak hanya mencegah stress. Tetapi banyak memiliki manfaat lainnya terutama bagi kesehatan tubuh dan mental.

sepak bola

pemain liverpool sedang menggocek lawannya

Berikut Manfaat Olahraga Sepak Bola Untuk Kesehatan:

  • Baik Bagi Kesehatan Fisik

Sepak bola menjadikan salah satu olahraga yang sangat baik yang dapat melatih ketahanan bagi fisik di tubuh seseorang. Hal itu karena dalam sebuah pertandingan sepak bola, anda akan berjalan dan berlari secara terus menerus. Termasuk seorang kiper yang posisinya berada di bawah mistar gawang dan bisa dikatakan statis.

Dimana penjaga gawang akan melakukan lompatan agar terhindar bola masuk kedalam gawangnya. Dengan adanya olahraga sepak bola ini, otot dan dan tulang pun semakin kuat. Contohnya, menggerakan kaki selama 90 menit dapat melatih bagian otot kaki. Selain itu, tubuh di bagian atas dan otot lengan pun ikut bekerja dan membantu dalam pergerakan tubuh seperti melompat, tackling, menendang dan mem-block.

Dalam sepak bola pun bisa memberikan peningkatan pada daya tahan tubuh. Dimana jantung bekerja dengan kapasitas maksimal di olahraga ini. Di saat anda melompat, berlari serta menghadapi lawan, maka anda akan memakai serat otot.

eder swedia

pemain bola yang melakukan selebrasi setelah cetak gol

  • Mental Menjadi Kuat

Bermain secara baik atau tidaknya dalam sepak bola, dapat terpengaruhi oleh faktor mental seorang pemain. Mental di dalam sebuah olahraga sepak bola itu bisa dibilang elemen fisik yang ada di dalam jiwa seorang pesepakbola. Di dalam permainan sepak bola ada saatnya kita terjatuh bangun dan pantang menyerah.

Sama dengan kehidupan dan tentunya kita akan memperjuangkan hidup, meski terkadang merasakan jatuh namun harus bangkit kembali. Sehingga tidak mengenal dengan kata menyerah. Dengan begitu, sepak bola sangat tepat dalam memperkuat mental anda.

  • Otak Semakin Cerdas

Di sebuah laga sepak bola, pemain tidak sekedar menggerakkan fisik saja. Melainkan juga harus bisa menggunakan otak mereka. Sepak bola bisa bermain dengan tempo cepat yang dapat melatih pikiran kita dalam memberikan keputusan yang cepat dan baik di dalam lapangan. Dan juga dalam tempo permainan yang lambat sekalipun.

Dimana para pemain harus berpikir untuk mencari kesempatan emas dalam penempatan dan menendang bola serta bisa menentukan posisinya sendiri. Dengan begitu, sepak bola dapat menguji kecepatan dan ketepatan dalam pola pikir. Hal itulah, yang menjadikan mata, pikiran dan juga angota tubuh lainnya akan memutuskan apa uang akan dilakukan di dalam lapangan.

Comments are closed